Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

0

#Edustory 23 : Tips Mengendalikan Suasana saat Bercerita

Author : Nindia Nurmayasari | March 26, 2012 at 7:23 am

Apa yang perlu diperhatikan agar cerita dapat tersampaikan dengan baik pada anak-anak? Selain menyusun alur cerita yang menarik, salah satunya adalah bagaimana menciptakan suasana bercerita yang mendukung. Agar cerita mampu diterima dengan baik oleh anak tanpa adanya distorsi, tentunya suasana saat bercerita juga saat menentukan keberhasilan dalam bercerita. Nah, bagaimana mengendalikan suasana saat bercerita yang kondusif baik bagi pencerita maupun bagi anak? 

Suatu ketika aku pernah melihat seorang ibu yang sedang bercerita pada ke tiga anaknya menjelang tidur. Karena hari sudah larut, sang Ibu pun mengantarkan anak-anaknya untuk segera tidur dengan sebuah cerita. Mereka berbaring bersama dalam satu tempat tidur. Dan mulainya si ibu bercerita. Ceritanya tentang kisah Nabi Muhammad. Ceritanya pun menarik ditambah dengan suara Ibu yang berubah-ubah sesuai tokohnya.

Awalnya anak-anak terlihat antusias dan tertarik dengan cerita Ibu. Namun di tengah-tengah cerita berlangsung si bungsu meminta untuk dibuatkan susu, dan kakaknya ingin ke kamar kecil tapi si sulung tetap ingin mendengarkan cerita Ibunya. Si Ibu berusaha untuk membujuk anak tengah dan bungsu nya untuk mendengarkan dulu cerita sampai selesai. Namun keduanya tetap pada keinginannya dan kericuhan kecil pun terjadi. Dan cerita pun tidak sampai selesai diceritakan.

Ternyata dalam bercerita tidak cukup hanya memilihkan cerita yang menarik dan memberikan variasi suara pada tokohnya. Kemampuan dan kejelian untuk mengendalikan suasana saat bercerita pun perlu diperhatikan. Ibu itu bercerita untuk 3 orang anaknya. Nah, bagaimana jika bercerita ke banyak anak dan ditempat terbuka? Terbayang kan riuhnya?

Saat akan bercerita, paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar suasananya menjadi kondusif.

1. Kondisi Pencerita
Jika akan bercerita pastikan kondisi kita sebagai pencerita sedang dalam keadaan yang optimal. Tidak sedang dalam keadaan sakit/tidak enak badan, sedang sedih atau marah. Pastikan kita benar-benar siap akan bercerita. Karena dengan keadaan sehat dan sadar akan bercerita maka akan mampu mengendalikan diri ketika sesuatu diluar dugaan terjadi.

2. Kondisi Peserta
Sebelum bercerita ada baiknya mengenali dulu siapa yang akan diberikan cerita. Pastikan kondisi anak-anak dalam keadaan fit, sudah cukup makan dan minum, sudah buang air kecil dan sudah siap mendengar cerita. Karena perhatian dan konsentrasi anak akan terganggu jika ditengah-tengah bercerita tiba-tiba ingin makan, ke kamar kecil dan sebagainya. Sehingga cerita pun tidak tersampaikan dengan utuh dan pesan dalam cerita tidak diterima dengan baik oleh anak

3. Kondisi Tempat
Ketika bercerita di pastikan dulu bahwa tempatnya benar-benar kondusif, dihindarkan dari sesuatu yang mampu menarik perhatian anak dan membahayakan. Seperti adanya mainan yang tercecer dan belum dibereskan, bercerita di bawah pohon yang terdapat ulat bulunya..hiiii. Juga tempat dimana anak mendengar cerita benar-benar nyaman. Misalnya saat bercerita di depan banyak anak, pastikan anak mendengar cerita ditempat teduh, tidak kepanasan, permukaan lantai yang terlalu dingin atau panas karena tidak memakai alas.

Kira-kira itu yang perlu diperhatikan untuk mengendalikan suasana dalam bercerita. Apa tips mu untuk bisa mengendalikan suasana yang mendukung saat bercerita?

Ayo berbagi dan diskusi tentang Tips Mengendalikan Suasana saat Bercerita dalam Dialog Cerita di #Edustory 23, Senin 26 Maret 2012. Ayo Kak bergabung di #Edustory

Suka dengan artikel ini?

Pencerita • pencinta anak-anak • pembelajar melalui dunia anak • COO @IDcerita • Pembina Kelab Penulis Cilik • Pendamping hidup @astu_MD ;)

http://mayamyworld.wordpress.com user

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blog Indonesia Bercerita
Powered by WordPress | Desain Oleh Zulsdesign Studio