Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

0

#EduStory 19: Cara Mudah Membuat Cerita untuk #Faya

Author : rudicahyo | February 20, 2012 at 1:59 pm

Masih ingat dengan #Faya? Iya, #Faya adalah anak manis yang suka sekali membaca dan mendengarkan cerita. #Faya mengundang Kakak semua untuk membuat cerita. Hadiahnya iPad 2 lho Kak. Nah, masalahnya banyak yang bilang, membuat cerita itu sulit. Mari kita belajar bersama membuat cerita dengan cara yang mudah untuk #Faya.

Sekedar mengingatkan kembali, tema undangan cerita dari #Faya bulan ini adalah “Berkarya untuk Masa Depan Indonesia”. Apa maksud tema ini? #Faya mengajak kita berimajinasi untuk masa depan Indonesia. Kita membayangkan bersama apa hasil karya kita di masa depan yang bisa dibanggakan.

Karena itulah, #Faya mengajak kita berimajinasi dengan menentukan akhir ceritanya terlebih dahulu. Pada tulisan yang berjudul, “Program #Faya: Imajinasikan Indonesia”, disebutkan ,

“Sang tokoh bernafas lega. Kesungguhannya dalam menghargai kemampuan orang lain telah membuahkan hasil yang luar biasa. Akhirnya, mereka semua bisa bangga dengan karya yang mereka ciptakan bersama.”

Apa tantangan yang dihadapi? Bagaimana sang tokoh mengatasi tantangan itu?

Buatlah cerita yang menjawab pertanyaan tersebut……

Penjelasannya dari kalimat tema tersebut adalah tentang cara mudah membuat cerita dengan rumus HKM. Apa itu? HKM kependekan dari Hasil, Keterampilan dan Masalah.

#Faya mengajak kita untuk memulai dari masa depan. Artinya, cerita diawali dari, apa hasil yang dicapai atau diharapkan dalam sebuah cerita. Apa yang akan berubah pada diri pendengar. Dalam hal ini, apa yang dialami atau diraih tokoh utama di akhir cerita. Pada tema tersebut, #Faya mengajak kita membayangkan mempunyai karya bersama di akhir cerita. Tokoh utama dan teman-temannya menciptakan sesuatu untuk Indonesia, misalnya Juara Piala Dunia, Menciptakan Pesawat Canggih, Membuat Indonesia Menjadi Pusat Belajar Seni Daerah dan sebagainya.

Nah, dalam membuat cerita, #Faya mengajak kita menentukan apa hasil yang dicapai oleh tokoh utama di akhir cerita.

Selanjutnya adalah Keterampilan. Artinya, tokoh utama dan kawan-kawannya menggunakan atau memberdayakan keterampilan atau keunggulan tertentu untuk mencapai hasil di akhir cerita. Misalnya, untuk dapat menjadi juara piala dunia, maka tokoh utama dan teman-temannya berlatih dengan giat, melakukan pertandingan uji coba, mendirikan klub bola, berkampanye tentang asiknya bermain bola dan sebagainya.

Nah, untuk mencapai Hasil, tokoh utama dan kawan-kawan mengelola atau menggunakan usaha tertentu.

Yang terakhir adalah menentukan persoalan atau masalah pemicu. Lucu ya, prosesnya terbalik, menemukan masalah malah di akhir. Nah itulah uniknya, selain juga mempermudah dalam proses pembuatan cerita. Tentukan tantangan atau persoalan yang dihadapi tokoh utama. Misalnya dengan contoh menjadi juara piala dunia di atas, tokoh utama menghadapi masalah kurangnya percaya diri masyarakat, teman-temannya tidak mendukung atau malah menjagokan klub-klub dari negara lain, dan sebagainya.

Nah, untuk bisa mencapai hasil yang diharapkan, dan untuk mengelola keterampilan atau melakukan usaha, tokoh utama butuh tantangan atau persoalan yang dihadapi.

Meskipun kita menentukan atau menemukan ketiganya secara terpisah dan terbalik, tapi dalam menuliskan cerita secara keseluruhan tetap diawali dengan tantangan atau persoalan, kemudian tokoh utama melakukan usaha atau mengelola keterampilan, dan di akhir ia memperoleh hasil yang gemilang. Jadi, dalam penyajian tidak lagi HKM, tetapi MKH.

Demikian kira-kira cara sederhana dalam membuat cerita untuk #Faya. Dengan cara praktis ini, mudah-mudahan Kakak juga lebih mudah untuk mendapatkan iPad 2 hehehe. Rebut iPad 2 nya di sini Kak. Selamat membuat cerita.

 

Sekarang, apa Hasil, Keterampilan dan Masalah yang dihadapi tokoh utama dalam cerita Kakak yang akan dikirimkan untuk memenuhi undangan #Faya?

Ayo Kak, ikut #EduStory, Senin 20 Februari 2012 pukul 19.00 WIB. #EduStory kali ini diharapkan Kakak akan jadi lebih muda membuat cerita untuk ikut dalam undangan #Faya. Jangan lewatkan untuk dapat iPad 2 ya Kak!

Tags:

Suka dengan artikel ini?

Seorang bapak dari @bintangABC | CCO @IDCerita | Penulis | Penulis Cerita Anak | Kreator dan Fasilitator Mosaic Learning | Konsultan Belajar, Pemberdayaan Diri, Passion | Psikolog Pendidikan

http://rudicahyo.com/ user

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blog Indonesia Bercerita
Powered by WordPress | Desain Oleh Zulsdesign Studio