Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

0

#EduStory 21: Menggunakan Media Gambar untuk Bercerita

Author : rudicahyo | March 12, 2012 at 10:10 am

Tidak semua orang mudah untuk bercerita. Tantangannya adalah berkreasi di benak kita dan mengungkapkan apa yang telah kita cipta. Karena itu, perlu media untuk memudahkan dalam bercerita. Media yang bisa kita coba adalah gambar. Bagaiman itu? Simak!

Sumber Gambar: antyo.rentjoko.net

Pada beberapa workshop, sesi yang aku pandu adalah mengeksplorasi diri, menemukan kekuatan yang dimiliki. Ternyata, tidak banyak orang yang mau terbuka menceritakan tentang dirinya, apalagi jika langsung ditanya, apa kelebihan dan kekurangannya. Pernah merasakan yang seperti itu? Atau memang biasanya seperti itu?

Setelah memutar otak dan mengadakan eksperimen kecil, ternyata benda di luar diri bisa menjadi alat bantu untuk orang lebih terbuka. Jika awalnya orang diminta langsung bercerita tentang dirinya, kali ini ia bercerita tentang benda. Tentu saja sebelumnya orang itu perlu memindahkan dirinya kepada benda atau bagian benda tersebut. Lho kok bisa?

Coba bayangkan ketika aku langsung meminta kepadamu, “Ceritakan tentang dirimu!”. kesulitan bukan? Bandingkan dengan ini, “Lihatlah benda itu, bagian mana dari benda tersebut yang paling mewakili dirimu? Ceritakan bagian itu!”. Bagaimana perasaan Kamu ketika cara yang pertama dan kedua diterapkan? Apa bedanya?

Apa kesulitan ketika langsung diminta menceritakan diri? Ada banyak pertanyaan, misalnya malu, nanti dikira sombong, tidak punya kelebihan atau merasa banyak kekurangan dan sebagainya. Ini adalah bentuk defends.

Sebenarnya apa yang diungkapkan bukan rahasia atau tidak terlalu perlu dirasahasiakan. Salah seorang peserta workshop yang pernah aku tanyai di luar sesi mengatakan, “Sebenarnya itu bukan hal tabu, Mas. Lha wong pertanyaannya aja tidak tanya hal yang saru kok hehehe. Entah kenapa sepertinya sulit menceritakan diri sendiri”, begitu kurang lebih katanya.

Menceritakan tentang diri itu memang sulit, karena pada dasarnya memang tidak mudah mengenali diri sendiri. Kalaupun kita merasa kenal, pasti ada keraguan akan kepastiannya. Disamping perasaan malu, takut, nanti dikira sombong, juga menjadi beberapa sebab yang lain.

Kita perlu memilih media yang kuat sebagai perantara. Aku pernah menggunakan benda kesayangan. Tapi efeknya kurang begitu kuat, karena yang bersangkutan sangat familiar dengan bendanya. Beberapa memang bisa, karena sudah menganggap benda itu mahluk bernyata, tapi sebagian yang lain sudah yakin bahwa benda tersebut hanya alat. Karena itulah aku mencoba menggunakan gambar.

Kenapa gambar? Ternyata, efek yang aku peroleh sangat luar biasa. Gambar memungkinkan orang bervisualisasi, bahkan lebih dari yang mereka lihat pada gambar tersebut. Gambar juga memudahkan orang untuk mengeksplorasi ceritanya lebih jauh, mulai dari pengalaman yang pernah terjadi, sampai menciptakan imajinasi. Karna itulah, ceritanya jadi lebih seru dan lebih panjang.

Nah, di #EduStory 21 kali ini, kita akan berbagi pengalaman tentang mengguankan media gambar untuk bercerita. Kita akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana efek gambar untuk bercerita dan bagaimana menggunakan gambar sebagai media bercerita.

Karena itu, jangan lewatkan #EduStory, Senin, 12 Maret 2012 pukul 19.00 WIB.

 

Jangan lupa juga untuk membuat cerita buat #Faya dan dapatkan kesempatan memenangkan iPad. Topik bulan ini adalah membuat cerita untuk mengaktivasi empati. Barangkali pengetahuan dari #EduStory tentang bercerita dengan gambar bisa memudahkan kita membuat cerita.

Tags:

Suka dengan artikel ini?

Seorang bapak dari @bintangABC | CCO @IDCerita | Penulis | Penulis Cerita Anak | Kreator dan Fasilitator Mosaic Learning | Konsultan Belajar, Pemberdayaan Diri, Passion | Psikolog Pendidikan

http://rudicahyo.com/ user

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blog Indonesia Bercerita
Powered by WordPress | Desain Oleh Zulsdesign Studio