Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

3

#Edustory 27 : Cerita kasih sayang kepada sesama

Author : Nindia Nurmayasari | April 23, 2012 at 8:16 am

Mengenalkan tentang kasih sayang di jaman sekarang ini menjadi tantangan tersendiri. Anak-anak harus lebih banyak disajikan teladan dan contoh cerita keseharian yang mampu menumbuhkan sikap kasih sayang. 

“Aaduuhh…Mamaaaaa…huwhuwhuw…” seketika tangis adik membuncah. Melihat adiknya menangis, si Kakak bukannya membantu menenangkannya tetapi malah tersenyum lebar karena berhasil menguasai mainannya dan langsung asyik main sendiri.

“Kak, ayo berbagi dong sama adik.. mainnya kan bisa bergantian” kata Ibu.

“Enggak… enggak mau!” ujar kakak sambil pergi meninggalkan adik yang masih memangis.

Mungkin kita pernah melihat kejadian seperti itu. Mengapa seorang kakak bisa membiarkan adiknya menangis, dan begitu saja meninggalkan setelah merebut mainannya? Atau seorang yang menginjak kecoa tanpa alasan dan memetik bunga dengan sembarangan?

Mengenalkan tentang kasih sayang di jaman sekarang ini menjadi tantangan tersendiri. Anak-anak harus lebih banyak disajikan teladan dan contoh cerita keseharian yang mampu menumbuhkan sikap kasih sayang.

Idealnya memang untuk menumbuhkan sikap kasih dan sayang di lakukan sejak kecil, dimana anak mulai dikenalkan bagaimana mengungkapkan sikap sayang terhadap sesama, saling menolong, peduli, mau berbagi dan juga saling menghormati. Selain itu juga mampu bersikap bijak dalam menghadapi perbedaan dan tekanan.

Menurut teori Hierarki Kebutuhan Maslow, kebutuhan kasih sayang adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Setiap manusia membutuhkan perasaan nyaman, aman, dan diterima dengan segala kondisinya. Jika hal ini tidak dipenuhi maka akan terjadi penyimpangan dalam diri seseorang.

Salah satu langkah efektif untuk mengenalkan sikap kasih sayang pada anak adalah dengan bercerita. Melalui cerita anak akan di ajak untuk menjelajah ke berbagai kejadian-kejadian dan juga beragam emosi. Secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mengenali, merasakan dan menempatkan diri di posisi orang atau makhluk hidup lain.

Nah, untuk itu perlu peran dari kita semua untuk memperkaya cerita-cerita mengenai kasih sayang.  Sekalian ikutan program Faya yah Kak untuk bulan April, yaitu menciptakan cerita untuk anak Indonesia dengan tema “Mencintai Indonesia sejak dari Rumah”. Maka, hari ini, 23 April 2012 kita akan berbagi tentang “Cerita Kasih Sayang terhadap Sesama” di Edustory pukul 19.00 WIB.

Apa ide cerita yang bisa diciptakan untuk menumbuhkan sifat kasih sayang anak terhadap sesama?

Tags: , , ,

Suka dengan artikel ini?

Pencerita • pencinta anak-anak • pembelajar melalui dunia anak • COO @IDcerita • Pembina Kelab Penulis Cilik • Pendamping hidup @astu_MD ;)

http://mayamyworld.wordpress.com user

3 Komentar

  1. Posted May 8, 2013 at 12:26 pm | Permalink

    maks ceritnya…..

  2. Posted April 23, 2012 at 8:55 pm | Permalink

    thanks dan jangan lupa juga kunjugi blog saya di http://newsakuntansi.blogspot.com/. dan beritahu saya lewt komentar mas

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blog Indonesia Bercerita
Powered by WordPress | Desain Oleh Zulsdesign Studio