Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

0

#Edustory 26: Dimulai dari Rumah, Rela Berkorban untuk Indonesia

Author : Dwi | April 16, 2012 at 8:15 am

Pernahkah Ibu kakak sakit, sehingga beberapa pekerjaan yang biasa beliau lakukan menjadi sedikit terbengkalai?

Iya, peran seorang Ibu sangat penting dalam mengurus rumah – dan ketika beliau sakit, seisi rumah bingung untuk membagi tugas yang Ibu biasa lakukan sehari-hari. Mulai dari memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan sebagainya. Nah, sekarang coba kita ingat-ingat sejenak, apa ya yang kita lakukan saat Ibu di rumah sedang sakit?

Otomatis pembagian peran di rumah berubah – dan pembagian waktu untuk aktivitas setiap anggota keluarga turut berubah. Mungkin kakak harus menyisihkan waktu bermain, atau belajar lebih malam demi membantu mencuci piring. Ayah yang biasa beristirahat di rumah setelah bekerja mungkin harus menyuapi Ibu yang sedang sakit, atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hal ini, tentu saja, membutuhkan kerelaan.

Ternyata, kerelaan tak hanya dilakukan kita saja. Perilaku kooperatif dalam kelompok juga terdapat pada hewan. Peter Kropotkin, seorang ahli zoologi Rusia, adalah yang pertama menuliskan perilaku kerelaan pada hewan pada 1902. Kita juga tahu fabel tentang seekor induk ayam yang rela melindungi anak-anaknya meskipun harus berhadapan dengan elang. Kerelaan inilah yang menjadi salah satu kunci dukungan sosial – untuk mempertahankan kelangsungan hidup sebuah keluarga atau kelompok.

Nah, benarlah bahwa perilaku rela berkorban untuk Indonesia, dapat kita mulai dari rumah, sebagai unit terkecil yang membangun masyarakat. Membangun masyarakat yang sehat dapat dimulai dengan membangun keluarga yang saling mendukung: dicirikhasi oleh kerelaan. Hal ini harus diingat dari generasi ke generasi: dengan menceritakannya.

Program #Faya di bulan April ini mengajak kakak semua untuk menciptakan cerita untuk anak Indonesia, dengan tema “Mencintai Indonesia Sejak dari Rumah”. Maka, hari ini, 16 April 2012, kita akan berbagi tentang “Cerita Rela Berkorban untuk Indonesia Sejak dari Rumah” di #Edustory, pukul 19.00 WIB.

Apa kisah kerelaan dalam keluarga yang paling berkesan buat Kakak?

Tags: , , ,

Suka dengan artikel ini?

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>