Blog Indonesia Bercerita

Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa.

0

#EduStory 28: Cerita Apa yang Membuat Kita Peduli Pendidikan Anak Indonesia?

Author : rudicahyo | April 30, 2012 at 8:16 am

Pendidikan itu penting, jauh lebih penting dari sekolah. Iya, kita semua pasti tahu itu, meskipun pendidikan selalu identik dengan sekolah. Karena pentingnya pendidikan, maka setiap orang hendaknya saling menggugah untuk peduli pendidikan buat anak Indonesia.

Sumber Gambar: ibnuflp.wordpress.com

Burdin tiap hari selalu berdiri tegap di pagar itu. Meski tetap berdiri gagah, tapi tak bisa dipungkiri, wajahnya ditekuk lesu. Yang membuat ia selalu kuat adalah dua jeruji pagar yang selalu ia pegangi. Iya, pagar sebuah SD dimana Burdin ingin sekali sama dengan anak-anak yang ada di dalamnya.

Burdin hanya salah satu anak dari 1,18 juta putus sekolah yang tidak terekspose nasibnya. Cerita Burdin hanya satu kisah dari sekian banyak anak Indonesia yang membutuhkan pendidikan, tetapi tidak mampu menggapainya.

β€œSaat ini terdapat 1,18 juta siswa putus sekolah dan 2,33 juta lulusan SD-SMA yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena alasan faktor ekonomi,” papar Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers refleksi akhir tahun 2011 di kantornya, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12) (sumber: itoday.co.id).

Cerita seperti ini sekarang sudah mulai diangkat melalui media untuk menggugah kepedulian kita sebagai warga negara Indonesia. Iklan layanan masyarakat salah satu bentuknya. Bentuk yang lain juga sudah mulai dikemas dalam acara-cara di televisi swasta, semisal mahasiswa yang hidup bersama orang tak punya dan sejenisnya.

Hanya saja, iklan dan cerita-cerita yang disuguhkan oleh media lama-lama menjadi formal dan punya rasa yang hambar. Karena itulah, orang hanya menengok sekilas, merasa iba dan kemudian mengabaikannya.

Kita butuh cerita yang menjadi bagian hidup sehari-hari. Kita butuh cerita yang menggugah kepedulian yang lebih membudaya, hidup diantara kita.

Karena cerita bisa diciptakan oleh siapapun, dan bercerita juga bisa dilakukan oleh siapapun, maka kita semua berhak berpartisipasi dalam menggugah kepedulian warga negara untuk pendidikan anak Indonesia. Bercerita dan menciptakan cerita adalah cara yang paling mudah. Ini juga mengingat budaya lisan yang tumbuh subur di Indonesia.

Karena itu, #Faya mengajak Kakak semua untuk membuat cerita yang bisa menggugah setiap warga negara untuk peduli pendidikan anak Indonesia. Kepedulian yang dimaksud bisa ditujukan untuk anak, orangtua, tetangga sesama orang Indonesia, pengambil kebijakan, atau siapapun. Begitu juga bentuk rasa pedulinya bisa juga berupa apapun.

Ayo ciptakan dan ceritakan untuk #Faya agar anak Indonesia bisa merasakan dan mengambil manfaat dari pendidikan yang seharusnya menjadi jatah bagi mereka. Karena itu, tema #Faya untuk bulan Mei adalah “Cerita untuk Menggugah Kepedulian Kita akan Pendidikan Anak Indonesia”

Untuk itu, tema ini juga akan menjadi topik #EduStory hari ini, Senin 30 April 2012, pukul 19.00 WIB. Jangan lewatkan ya Kak!

Apa cerita yang Kamu buat agar warga Indonesia peduli terhadap pendidikan anak Indonesia?

Tags: ,

Suka dengan artikel ini?

Seorang bapak dari @bintangABC | CCO @IDCerita | Penulis | Penulis Cerita Anak | Kreator dan Fasilitator Mosaic Learning | Konsultan Belajar, Pemberdayaan Diri, Passion | Psikolog Pendidikan

http://rudicahyo.com/ user

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan pernah di share ke orang lain. Wajib Diisi *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blog Indonesia Bercerita
Powered by WordPress | Desain Oleh Zulsdesign Studio